Bagaimana Cara Membuat Content Drupal

Bagaimana Cara Membuat Content Drupal

Drupal memiliki dua tipe content – Article dan Page. Article merupakan tipe konten yang berbasis waktu seperti blog post, berita, rilis pers dan lain sebagainya. Di sisi lain, Page merupakan konten yang bersifat statis seperti misalnya halaman About Us atau halaman kontak. Pada artikel kali ini kami akan tunjukan cara membuat content┬áDrupal.

Membuat Content Drupal, Page

Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara membuat halaman About Us dan menampilkannya pada menu atas di website Drupal. Yang pertama harus dilakukan pastinya adalah login ke akun admin kamu.

Kemudian klik pada menu Content, setelah halaman terbukan klik tombol Add Content pada menu yang ada di atas. Selanjutnya pilih tipe konten Basic Page yang ada pada daftar yang disediakan.

Dan selanjutnya akan muncul content editor bawaan dari Drupal, dan kamu bisa mulai menulis. Kemudian tentunya menambahkan judul untuk halaman ini.

Kemudian, sekarang kita harus menambahkan halaman ini pada menu top navigation. Caranya terus scrol ke bawah dari editor content dan beri centang pada pilihan “Provide a menu link.” Setelah kamu melakukannya, kini kamu dapat memilih menu link title, parent item dan weight untuk halaman ini. Karena kita terus ingin menampilkannya makan pilih weight bintang 5 atau lebih tinggi.

Setelah semuanya selesai, klik tombol Save dibawah untuk mempublish halaman About Us yang baru kamu buat. Dan sekarang pada website kamu akan terlihat menu About Us.

Membuat Content Drupal, Article

Membuat article sama seperti membuat page. Dan lagi, kamu harus mulai dengan memilih Content, klik tombol Add Content, tetapi kali ini kamu pilih Article daripada Basic Page.

Pada editor content, kamu bisa membuat judul dan juga menambahkan tags untuk artikel yang kamu buat, kamu dapat memisahkan tags dengan ‘koma.’ Untuk artikel dengan topik yang sama kamu harus menggunakan tags yang sama. Tags ini dapat berfungsi untuk memfilter konten, dimana kamu bisa mencarinya berdasarkan tags.

Setelah selesai menambahkan konten beserta judul dan tags, scrol down kebawah hingga menemukan settings panel. Klik pada tab ‘Publishing options,’ dan tersedia pilihan cara untuk mem-publish artikel yang kamu buat. Secara default, artike kamu akan dipublish ke halaman utama website kamu dan ditampilkan berdasarkan yang paling baru dipost. Atau kamu juga bisa membuatnya Sticky atau selalu ditampilkan di atas.

Setelah selesai, kini klik tombol ‘Save,’ untuk mempublish halaman. Dan kini kamu dapat membuka website kamu, dan lihat konten yang baru saja ditambahkan.

 

Jakartawebhosting menyediakan server yang sesuai dengan kebutuhan minimum sistem Drupal dan bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk Drupal hosting.