Cara Memilih Perusahaan Layanan Webhosting yang Cocok untuk Drupal Hosting

Cara Memilih Perusahaan Layanan Webhosting yang Cocok untuk Drupal Hosting

Cara Memilih Perusahaan Webhosting yang Cocok untuk Drupal Hosting
Drupal adalah salah satu CMS unggul yang bisa Anda gunakan untuk membangun website. Drupal adalah CMS open source yang dikembangkan oleh komunitas yang terdiri dari 630.000 pengguna dan developer. Dengan dukungan komunitas tersebut, Drupal bisa berkembang sangat cepat. Anda bisa mendapatkan berbagai macam theme untuk website. Namun, CMS ini tidak akan lengkap tanpa layanan webhosting. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari CMS tersebut, Anda perlu memilih layanan webhosting berkualitas. Bagaimanakah kriteria layanan webhosting berkualitas untuk CMS Drupal ini? Bagaimana cara yang tepat untuk memilih layanan tersebut?

Fitur Hosting

Anda ingin membeli layanan hosting yang benar-benar berkualitas. Pastikan penyedia layanan tersebut mampu memberikan fitur penunjang CMS Drupal seperti berikut:

  • PHP Module Enabled

Jika Anda ingin membeli layanan hosting untuk CMS Drupal 7, Anda harus memastikan apakah module pdo tersebut sudah aktif. Jika Anda tidak bisa memilih layanan yang tepat untuk versi ini, website tidak akan bisa dirancang dengan baik.

  • Batas Memori

Setiap versi Drupal membutuhkan kapasitas memori yang berbeda. Anda harus mengetahui batasan memori yang tepat untuk setiap versi CMS ersebut. Dibandingkan dengan Drupal sebelumnya, Drupal 7 mempunyai memory limit minimum yang lebih besar. Drupal 7 memiliki batas 32 MB. Untuk menyesuaikan kapasitas hosting Anda dengan CMS ini, Anda perlu membeli layanan hosting dengan kapasitas 2 kali lebih besar dari memory limit yang telah ditentukan. Idealnya, Anda membutuhkan memory 64 MB untuk Drupal 7. Jika Anda memilih kapasitas memory yang lebih besar, hasil yang didapatkan juga lebih bagus.

  • Symbolic Link

Jika Anda ingin membangun lebih dari satu website, Anda membutuhkan fitur ini. Dengan fitur Drupal, Anda bisa membuat multisite sekaligus dengan website induk dan website anak. Doman dan subdomain juga harus diberikan untuk mendukung multisite tersebut. Namun, Anda tidak membutuhkannya untuk membangun satu website saja. Sayangnya, banyak perusahaan webhosting meniadakan layanan ini karena alasan keamanan. Namun, alasan itu bisa dijadikan dalih untuk menutupi ketidakmampuan penyedia layanan untuk menjaga keamanan data pelanggannya. Jika perusahaan tersebut berani menawarkan fitur symbolic link, reputasi perusahaan tersebut bisa dipercaya.

Reputasi Perusahaan

Anda tidak bisa memilih perusahaan penyedia layanan webhosting Indonesia tanpa berpikir panjang. Ketika Anda mendapatkan sebuah penawaran menarik dari website tertentu, jangan mudah percaya. Tidak semua penawaran tersebut mampu memberikan fitur yang dijanjikan seperti dalam iklan. Reputasi perusahaan juga penting untuk dipertimbangkan. Bagaimanakah langkah memilih perusahaan dengan reputasi baik dan benar-benar bisa dipercaya?

  • Cek Data Perusahaan

Ketika Anda menemukan sebuah website penyedia Drupal hosting, Anda perlu melakukan pengecekan data dan file file lainnya yang ditampilkan di website tersebut. Apakah perusahaan tersebut mempunyai alamat yang jelas dan badan hukum? Jika perusahaan tersebut tidak berani mencantumkan alamat atau keberadaannya tidak bisa ditemukan dengan mudah di dunia nyata, Anda harus lebih berhati-hati. Ketika Anda ingin mengajukan komplain, bisa jadi perusahaan tersebut sudah gulung tikar atau kabur tanpa ada kabar yang jelas.

  • Mintalah Rekomendasi

Mintalah rekomendasi dari orang yang sudah menggunakan layanan webhosting sebelumnya. Biasanya orang yang expert dalam bidang ini bisa memberikan pilihan yang benar-benar tepat untuk Anda.

  • Bacalah Testimoni atau Review

Jika Anda mengunjungi website penyedia Drupal hosting, https://www.jakartawebhosting.com/ Anda bisa menemukan testimoni atau review dari pelanggan sebelumnya. Bacalah testimoni tersebut sebagai referensi untuk menentukan pilihan Anda.